Kamis, 19 Maret 2009

Asal-usul tanaman coklat

Tanaman coklat yang nama ilmiahnya the obrama cacao bukanlah asli indonesia.tanaman ini berasal dari amerika tengah. colombus yang datang ketempat itu meliahat cokelat di gunakan sebagai mata uang oleh orang india.cortez yang mengalahkan bangsa aztec pada tahun 1619 melihat orang indian di namakan chocolat itu karena rasanya pahit.
Oleh cortez biji cokelat itu di bawa ke spanyol akhirnya, bubuk cokelat yang di sedu dengan air panas dan gula sangat populer. tetapi minuman itu hanya di konsumsi oleh para bangsawan dan hartawan saja kerena sangat mahal harganya.
Di negara inggris pada tahun 1657 baru ada satu warung minuman cokelat.nama warung itu "chocolat house",yang menjadi ajang pertemuan kaum elite.
Haraga cokelat baru mulai turun setelah tahun 1930 di temukan mesin, tetapi kemajuan pesat penggunaan cokelat baru terjadi tahun 1928 setelah van houten berhasil menggilas biji cokelat dari bubuknya.
Di perkirakan pada abad ke-18 tanaman cokelat itu masuk ke indonesia lewat filipina di bawa oleh orang spanyol.bijinya berasal dari venezuela dan trinidad.
Tanaman baru itu di tanam din sangir talaud. pada tahun 1750 sudah di temukan tanaman coklat di sulawesi. Dari sulawesi tanaman ini meluas ke ternate dan ambon. kemudian menjalar ke arah barat yakni ke jawa timur dan jawa tengah pada tahun 1806.pada waktu itulah berdiri perkebunan cokelat di bedono,tlogo,getas dan jati runggo (semuanya di jateng).di jatim berdiri perkebunan serupa di malang,kediri,dan beski. Demikian juga di priangan dan sekitar jakarta (jabar)
Sekarang cokelat sudah tidak di anggap makanan mewah, tetapi sudah menjadi makanan sehari-hari yang amat di gemari. dapat untuk minuman, campuran gula-gula, roti, dan jenis makanan lainya
Bercocok Tanam Perkebunan Cokelat (Oleh Ir. paracaya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar